Senin, 27 Februari 2012

Telur Tidak Menetas (KLI)

Mengapa Telur Tidak Menetas

Berikut ini adalah kemungkinannya berdasarkan sharing rekan-rekan di KLI.

1. Tidak terjadi perkawinan.
2. Perkawinan terjadi tapi tidak sempurna (biasanya disebabkan oleh karena bentuk tangkringan yang tidak sesuai, licin atau terlalu kecil sehingga betina tidak bisa mencengkeram dengan baik).
3. Kurang gizi atau nutrisi.
4. Betina tidak mengerami telur.
5..Suhu yang terlalu panas
6. Kelembaban yang kurang atau berlebih. Tingkat kelembaban harus dijaga antara 70% - 80%, dengan deviasi +/- 5%.
7. Kondisi burung tidak fit.
8. Gangguan external (predator, lingkungan, dll).
9. Belum memasuki masa birahi alias masih muda.
10. Bentuk kotak sarang yang kurang sesuai.
11. Salah satu atau kedua indukan kondisi fisiknya tidak normal.
12. Cacingan. Dalam beberapa kasus, burung dewasa tidak menunjukkan gejala cacingan tapi efeknya telur menjadi infertile.
13. Bakteri. Telur yang baru dikeluarkan oleh indukan betina temperatur / suhunya berada diatas suhu lingkungan sekitarnya. Perlahan, suhu telur tersebut akan mendingin sehingga menyamai suhu lingkungan sekitarnya. Nah pada saat proses pendinginan ini terjadi, telur akan berkontraksi. Akibat dari kontraksi ini menyebabkan telur mengalami tekanan dan pori-pori kulit telur menjadi lebih lebar pada beberapa bagian sehingga bakteri yang berada disekitar telur tersebut memiliki kesempatan untuk masuk ke membran telur.

1 komentar:

  • Zatmiko says:
    27 Agustus 2013 pukul 21.17

    misi gan ane sampe emosi gara2 love brid ane sampe2 telurya saya rebus saya makan karna dh satu tahun ternak dak ada yg jd,,,ni cewek pa cowok bikin pusing aja padahal saya pantau model kawin ya lama hampir 10 menitan tapi gak gantian kata orang2 kl gitu pasti cewek cowok tp dh satu tahun ane belajar ternak kok gak jadi2 ya eh malah jadibotak kaaaaaaaaakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Posting Komentar